AGENDA
Pelatihan PSEA dan Code of Conduct
24 Oktober 2011 - 26 Oktober 2011
Menjawab tantangan dalam pelayanan pekerjaan kemanusiaan, pelaksanaan prinsip-prinsip kerja kemanusiaan semakin menjadi tuntutan selain pemberian bantuan itu sendiri, baik bantuan berupa pemenuhan hak dasar maupun pendampingan.  Berbagai panduan dan tatacara, dibuat dengan memperhatikan prinsip-prinsip kerja kemanusiaan ini.  Tujuannya agar bantuan yang diberikan berkualitas, dapat dipertanggungjawabkan, mendapat dukungan dari masyarakat itu sendiri serta pihak-pihak yang terkait  dan juga memberikan sistem perlindungan baik bagi masyarakat dampingan dan bagi pekerjaan kemanusiaan selama proses pendampingan berlangsung. Bagaimanapun baiknya niat untuk melakukan pelayanan, memiliki risiko yang dapat mengakibatkan dampak atau bencana lanjutan (second disaster) bagi masyarakat dan juga ancaman keselamatan diri dan jiwa bagi pelaku pekerja kemanusiaan, apabila tidak memperhatikan prinsip-prinsip dalam kerja kemanusiaan.
 
            Setiap lembaga kemanusiaan diharapkan memiliki kode etik yang mengacu pada prinsip-prinsip kerja kemanusiaan, yang merupakan bagian dari komitmen organisasi. Lembaga kemanusiaan diharapkan  bisa memastikan bahwa seluruh kegiatannya dapat dipertanggungjawabkan atau akuntabel terutama pada para penerima manfaat atau masyarakat yang didampingi. Oleh karena itu, lembaga kemanusiaan termasuk stafnya perlu terus berbenah sendiri secara konsisten dengan mengembangkan kapasitas internal melalui berbagai evaluasi dan pelatihan yang spesifik sehingga setiap staf memahami dan melaksanakan prinsip-prinsip kemanusiaan dan kode etik   organisasi di setiap kegiatan yang dilakukan.
 
Tujuan Pelatihan
 
Membangun kesadaran dan pemahaman peserta terhadap PSEA (Prevention Sexual   Exploitation & Abused), Code of Conduct dan Akuntabilitas serta Sistem dan Mekanisme Security & Safety untuk kemudian memiliki gambaran dalam rencana implementasi pada program pelayanan kemanusaiaan yang menyeluruh
 
Peserta menyepakati mekanisme PSEA dan Security and Safety yang akan diupayakan dapat berlakukan di organisasi masing-masing dan,
 
Peserta mampu menerapkan prinsip akuntabilitas di organisasi masing-masing
 
 
Waktu dan Tempat :
Pelatihan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada Senin, Selasa, Rabu, 24 – 26 Oktober 2011 mulai jam 09.00 - 17.00 di Disaster Oasis, Training Center YEU, Jl. Kaliurang KM 21,5 Hargobinangun, Pakem, Sleman.
 
 
 

Agenda
 
Reservasi
Untuk pemesanan tempat atau reservasi,
Klik disini »
 
Galeri
index